Sabtu, 18 Oktober 2014 | By: DIAN - NIDA - BLOG

EASY AND DIFFICULT, THAT'S NOT PROBLEM

"-------Begitu banyak orang bertanya tentang kehidupannya yang 'sulit', tapi hidup itu sudah ada yang mengatur kok-----------"
Bicara tentang kesulitan, saya mengingat sesuatu. Tentang masa lalu yang tidak luput dari kata sulit. Sulit berkomunikasi, sulit bergaul, sulit membaur, sulit beradaptasi, tapi ternyata baru kusadari sekarang.... sulit itu sugesti teman...! Karena mudah dan sulit adalah dua kata yang berlawanan arti tapi berjalan beriringan. Jika sulit di awal, bisa jadi dan kemungkinan besar yang terjadi mudah di solusinya. jika sulit ada di tenbgah, bisa jadi dan kemungkinan besar kemudahan ada di sela-sela kesulitan tersebut. In shaa Allah.
Seperti firman Allah dalam Al-Quran surah Al-Insyirah ayat 5 dan 6. "Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan (5). Bersama kesulitan ada kemudahan (6)." Di dunia ini tidak ada yang mutlak benar dan mutlak salah. Setiap kebenaran dan kesalahan manusia masuk dalam hukum relativitas. Serba relatif karena pandangan dan cara analisis manusia berbeda antara satu dengan lainnya.
Kesulitan yang kita terima dalam kehidupan sehari-hari misalkan macet. Saat berada dalam kemacetan dan kita hendak menghadiri suatu acara penting, kita akan berfikir kalau itu adalah kesulitan yang akan menghasilkan hal buruk ke depannya. Namun, di tengah kemacetan yang menjebak kita malah bertemu dengan sahabat lama kita. Kebetulan, saat itu kita sedang memcari pekerjaan, dan sahabat lama kita menawari untuk berbisnis bersama mulai saat itu juga. Walaupun tidak jadi menghadiri acara penting itu, kita tetap dapat bahagia, karena di sisi lain, kemudahan datang tanpa diterka.
Lihatlah, kesulitan yang dialami di awal justru mendatangkan kebahagiaan, "Karena kemudahan yang Allah berikan tidak akan salah tempat dan waktu. Kita hanya butuh bersabar dan berikhtiar."

0 komentar: