Senin, 10 Februari 2014 | By: DIAN - NIDA - BLOG

BAHAGIA dengan BERBAGI

          Manusia adalah makhluk sosial, yang artinya manusia tidak dapat bertahan hidup tanpa interaksi dan komunikasi dengan manusia lainnya. Salah satu tujuan interaksi tersebut adalah memenuhi kebutuhan hidup masing-masing individu atau kelompok. Nah, setelah kebutuhan terpenuhi, bagaimana perasaan kita? Senang bukan? Ya, itulah yang dinamakan bahagia.
          Pengalaman dari kehidupan pribadi saya, mendapatkan sebuah kebahagiaan saja itu nggak sulit kok. Yang sulit adalah mendapatkan kebahagiaan yang sejati. Apa itu kebahagiaan sejati? Kebahagiaan sejati adalah sebuah perasaan senang, puas dan gembira saat kita melakukan sesuatu atau memberikan sesuatu yang berharga untuk orang lain, sedang orang tersebut juga senang dengan apa yang kita berikan padanya. Soal ucapan terima kasih, itu hanya penyejuk hati kita dan pembangun gairah kita untuk terus memberi dan memberi. Berbagi dan terus berbagi.
          Kebanyakan dari kita, menyalahartikan arti sebuah pemberian. Orang yang diberi terkadang bersikap kurang mengenakan di akhirnya. Awalnya, kita yang menawarkan, lambat laun meminta bantuan, lama-kelamaan memerintah kita seenaknya. Sebenarnya memberi itu ada batasannya. Yakni, saat kita harus terfokus pada kepentingan pribadi. Di saat tersebut, timbal balik akan terjadi. Bukan kita yang memberi, namun kita akan mengambil bagian dari pemberian kita terhadap orang lain. Tuhan itu adil. Tidak ada sebuah kebaikan yang tulus tanpa sebuah balasan yang baik. Baik yang memberi atau diberi, semua punya satu tanggung jawab satu sama lain.
                                                                                                            Oleh : DNA

0 komentar: