Sabtu, 11 Februari 2012 | By: DIAN - NIDA - BLOG

PRESTASI DIRI


A. PRESTASI DIRI
1.             Pengertian Prestasi Diri
·           Prestasi diri secara umum berarti suatu hasil yang telah dicapai atau didapatkan yang berasal dari usaha yang telah dilakukan oleh diri sendiri dengan penuh kesungguhan dan niat yang kuat.
·           Prestasi adalah hal yang selalu ingin dicapai oleh semua orang, namun pada dasarnya prestasi berasal dari kemauan orang itu sendiri. Jika mau berusaha, tentu prestasi akan lebih mudah dicapai.
·           Umumnya, prestasi dihubungkan dengan berbagai penghargaan. Pada dasarnya, penghargaan hanyalah sebagai pendorong/ motivator bagi seseorang yang telah meraih prestasi agar di waktu lainnya dapat mengoptimalkan prestasi yang telah didapat.
·           Penghargaan ada berbagai macam bentuknya, mulai dari piagam, medali, piala, dan uang. Hakikatnya, penghargaan merupakan suatu simbol bagaimana masyarakat menghargai suatu prestasi yang telah diraih seseorang.

 
2.             Sikap Positif untuk Berprestasi
·           Prestasi mungkin memang bukan seluruhnya dari diri kita sendiri. Pasti ada faktor yang mempengaruhi seseorang dalam usaha meraih prestasi. Walaupun begitu, faktor utama dalam meraih prestasi berasal dari diri sendiri. Tinggal bagaimana kita meyakini bahwa prestasi itu akan bisa kita raih.
·           Sikap positif sangat penting diwujudkan dalam usaha meraih prestasi. Tanpa sikap positif, kita tidak akan pernah yakin bisa meraih apa yang kita inginkan. Jika keyakinan pun kita tak punya, pasti rasanya sebuah prestasi akan tampak mustahil untuk diwujudkan.
·            Menurut John Robert Power, diri kita adalah people who make things happening (pelaku yang mampu mewujudkan sesuatu). Maksudnya diri kita adalah suatu titik tumpu sebagai pusat keinginan dan keyakinan. Jika kita menginginkan prestasi kita dapatkan,  maka akan tumbuh keyakinan dari dalam diri kita yang menggerakkan saraf motorik untuk melakukan usaha dalam meraih prestasi.
·           Sikap positif yang dapat diwujudkan dalam usaha meraih prestasi diantaranya :
a)      Pantang menyerah
b)      Tegar
c)      Tekun berdoa kepada Tuhan
d)     Tawakal
e)      Optimis
f)       Berani mengambil risiko.
g)      Tenang dalam bertindak
h)      Bekerja keras
·           Sikap yang paling penting adalah tekun beribadah kepada Tuhan. Karena Tuhan-lah yang menciptakan kita agar kita dapat mengeksplorasi kemampuan dari dalam diri kita dengan sebaik-baiknya. Sehingga, tidak mustahil bagi seseorang untuk meraih prestasi. Seburuk apapun orang itu. Tuhan memberikan kita kelebihan agar kita dapat berguna bagi orang lain. Tuhan juga memberi kekurangan agar kita tidak sombong terhadap kelebihan yang menjadi prestasi diri kita.
          Tak ada gading yang tak retak.
·           Orang yang bekerja keras dengan sungguh-sungguh pasti meraih apa yang ia inginkan. Baik dalam bentuk belajar, bekerja, atau berolahraga semuanya pasti akan menuai hasil dari seluruh usaha yang dikerahkan untuk meraih prestasi.
·           Sebagaimana kata mutiara arab :
                      MAN JADDA WAJADA
“barang siapa yang sungguh-sungguh, pasti akan berhasil”

3.         Upaya untuk Berprestasi dalam Berbagai Bidang
·           Upaya untuk berprestasi dapat dilakukan dengan menemukan potensi dalam diri sendiri, kemudian mengembangkannya sejak dini agar saat dewasa, tinggal meningkatkan dan mengoptimalkannya agar dapat meraih prestasi lebih maksimal. 

B.      MENGENAL POTENSI DIRI UNTUK BERPRESTASI
1.         Pengertian Potensi Diri
·           Potensi diri merupakan suatu kemampuan yang terdapat dalam diri setiap orang dan tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan secara luas dan bebas dalam waktu yang tidak sebentar.
·           Beberapa contoh potensi manusia : kejujuran, kecerdasan, kematangan, kedewasaan, keimanan, keramahtamahan, dan lain sebagainya.
          Potensi diri = Kemampuan dasar = Sikap kerja = Kepribadian
·           Kita harus dapat memanfaatkan dan mengembangkan potensi dalam diri kita agar dapat mendayagunakan potensi tersebut untuk meraih prestasi.

2.         Macam-macam Potensi
1.      Potensi fisik (Psychomotoric)
2.      Potensi mental intelektual (Intellectual Quotient) = potensi kecerdasan yang ada pada otak manusia (belahan kiri)
3.      Potensi sosial emosional (Emotional Quotient) = potensi kecerdasan yang ada pada otak manusia (belahan kanan)
4.      Potensi mental spiritual (Spiritual Quotient) = potensi kecerdasan yang bertumpu pada diri kita, berhubungan dengan kearifan.
5.      Potensi ketahanmalangan (Adversity Quotient) = potensi kecerdasan yang bertumpu pada diri kita, berhubungan dengan keuletan, ketangguhan dan dya juang yang tinggi.
3.        Pengenalan dan Pengukuran Potensi Diri
·           Mengenal potensi diri dapat dilakukan dengan mengasah kegemaran kita agar potensi diri kita muncul dan berkembang menjadi bakat yang luar biasa.
·           Mengukur potensi diri dapat dimulai dari melihat kelebihan kita. Kelebihan kita yang tak kasat mata bisa kita gunakan untuk mengukur seberapa besar potensi dalam diri kita.

C.      CARA-CARA UNTUK BERPRESTASI DAN LANGKAH-LANGKAH MEWUJUDKANNYA
1.             Cara untuk Berprestasi
a.       Percaya diri
b.      Meningkatkan motivasi belajar
c.       Perhatian
d.      Relevansi
e.       Kepuasan
2.             Langkah dan Upaya Mewujudkan Prestasi
a.       Mengenal dan menerima diri apa adanya
b.      Bersikap mandiri, kreatif dan inovatif
c.       Disiplin waktu
d.      Memotivasi diri sendiri
 D.    PELUANG MERAIH DAN MEWUJUDKAN PRESTASI
        1.      Berpikir Kritis dan Kreatif
}  Berpikir kritis merupakan kemampuan seseorang untuk berpikir secara logis, objektif dan tidak memihak.
}  Kreativitas adalah kemampuan berpikir kritisa dalam memadukan ide guna memecahkan masalah yang dihadapi.
        2.      Peluang untuk Melakukan Sesuatu
}  Kegiatan-kegiatan sosial dapat membuat seseorang mempunyai peluang untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan berpikir kritis dan mengasah otak dalam mencari solusi permasalahan tersebut.

         3.      Ciri Pribadi Kreatif
}  Pribadi kreatif memiliki kemampuan rasional, kemampuan emosional/perasaan berimajinasi, berfantasi, dan berintuisi.
}  2 Syarat penting untuk meningkatkan prestasi:
a)      Motivasi = dorongan
b)      Mentalisasi = semangat/ kegigihan 

E.    SIKAP KOMPETITIF
}  Prestasi dapat diwujudkan apabila siap untuk berkompetisi. Sikap siap untuk berkompetisi secara sehat harus didasari dan dibekali dengan pengetahuan tentang gambaran masa depan dan sikap siap menghadapi masalah. 

F.   SIKAP SIAP MERAIH KEUNGGULAN
}  Sikap siap meraih keunggulan dapat ditumbuhkan dengan cara meningkatkan motivasi untuk berprestasi tinggi. Seseorang memiliki motivasi berprestasi apabila dalam mencapai prestasi, orang tersebut memiliki perhatian yang tinggi terhadap objek yang akan dicapai.
         
G.  BERPRESTASI DALAM BERBAGAI KEHIDUPAN
}  Prestasi merupakan suatu hal yang mungkin untuk diraih dalam kehidupan ini. Prestasi dapatdiwujudkan apabila disertai motivasi, kreativitas, dan kecerdasan memanfaatkan peluang. 


BERUSAHA + BERDOA => BERPRESTASI 

0 komentar: