Kamis, 02 Februari 2012 | By: DIAN - NIDA - BLOG

SAINS, TEKNOLOGI, DAN INFORMASI




Suhu Sangat Dingin untuk Melawan Kanker

Apa yang dapat dilakukan oleh kalor terhadap kanker? Para dokter saat ini sedang menguji suatu cara baru untuk menggunakan Cryosurgery untuk memusnahkan beberapa jenis kanker. Awalan Cryo- berarti dingin atau membeku.Cryosurgery adalah penggunaan suhu ekstrem (sangat) dingin untuk memusnahkan jaringan yang sakit.Ini bukanlah teknik baru.Para dokter spesialis kulit telah menggunakan Cryosurgery selama bertahun-tahun untuk memusnahkan tumor kulit. Yang baru adalah cara di mana Cryosurgery sekarang dapat digunakan untuk memusnahkan tumor ganas di dalam tubuh.





 
Ketika sel-sel kanker menyebar melalui tubuh, satu di antara organ-organ dalam yang bisa dijangkitnya adalah hati (liver).Pembedahan secara konvensional untuk kanker hati sangat rumit dan berbahaya (bahkan kadang-kadang tidak mungin dilakukan).Hanya sedikit pasien kanker yang dapat bertahan lebih dari setahun setelah pembedahan.
Cryosurgery memanfaatkan sebuah peranti kecil untuk membekukan tumor. Begitu peranti tersebut berhasil disisipkan ke dalam hati, peranti akan mengeluarkan nitrogen cair pada suhu kira-kira -2000C untuk membekukan tumor serta membunuh sel-sel kankernya. Ahli bedah dapat mengamati proses yang memerlukan waktu kira-kira 15 menit ini pada suatu layar monitor ultrasonic.
Umur bertahan hidup pasien-pasien kanker hati yang menjalani cryosurgery ternyata jauh lebih lama daripada yang menjalani pembedahan konvensional.Karena itu, para dokter sekarang berusaha menyempurnakan teknik ini dan mengembangkan penggunaannya untuk memusnahkan tumor-tumor di bagian tubuh lainnya, trmasuk tumor otak.
Sumber : Prentice Hall Science, Heat Energy

Pentingnya Satuan
Pada 23 September 1999 Mars Climate Orbiter (pesawat antariksa yang mengorbit planet Mars) secara tiba-tiba menghilang.Pengatur NASA di Jet Propulsion Laboratory (Laboratorium Pendorong Jet) telah mengirim instruksi numerik yang salah. Sebagai agen pemerintah, NASA bekerja dalam satuan SI (di mana gaya dinyatakan dalam newton), tetapi kontraktor, Lockheed Martin Astronoutics, bekerja dalam satuan U.S Customary, memberikan data gaya dorong dalam pound. Pesawat antariksa seharga 125 juta dolar (1,125 triliun rupiah) itu akhirnya hancur di planet Mars hanya gara-gara kesalahan menerjemahkan satuan dari data numerik yang diberikan.Karena itu, ketika anda menampilkan nilai numerik yang diberikan.Karena itu, ketika anda menampilkan nilai numerik dari suatu besaran fisika, selalu lengkapi dengan satuan yang sesuai di samping angkanya.
Sumber: Physics Algebra/Trig Eugene Hecht

Paus Putih (Delphinapterus Leucas)

Paus Putih (Delphinapterus Leucas)
Paus putih yang biasa disapa BELUGA atau Beylukha berasal dari bahasa Rusia yang memiliki arti PUTIH.Saat lahir, tubuhnya berwarna hitam atau cokelat tua, tanpa sirip punggung dan berubah menjadi putih dalam waktu 5 tahun. Paus Putih merupakan jenis paus bergigi yang masih berhubungan dekat dengan lumba-lumba



Paus Putih berkomunikasi dengan beberapa jenis siulan, cicitan atau suara seperti bel. Karna itu, Pau Putih juga di panggil “Si Burung Kenari dari laut”
Paus putih merupakan salah-satu Mammalia terbesar di dunia yang pernah hisup di daerah perairan laut dangkal, seperti Artic atau bagian Timur Siberia.
Berat total Paus Putih dapat mencapai 1,3 ton untuk jantan dan 900 kg untuk betina. Untuk bayi-bayi Paus Putih yang baru lahir panjangnya dapat mencapai 1,2 meter dengan berat 45 kg.
Sumber : Majalah Bobo Edisi 27 Tahun XXXV


 
MEGALODON, Kembalinya Hiu Purba

Melihat bentuk ikan hiu masa kini sudah tampak menyeramkan, bagaimana dengan nenek moyangnya dari zaman purba, megalodon!
Menurut para ahli purbakala, megalodon hidup sekitar 1 sampai 25 juta tahun lalu, dengan panjang tubuh sekitar 18,2 meter dan berat 77 ton! Bandingkan dengan hiu putih besar yang hanya sepanjang 6 meter. Nggak ada apa-apanya, kan? kalau dibandingkan dengan benda buatan manusia, hiu purba ini berukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar.
Bagaimana dengan makanannya?Dari berbagai penelitian fosil, diperkirakan megalodon hidup dengan memangsa ikan paus, Cetotherium, Odobenocetops, Sirenians, lumba-lumba atau penyu laut raksasa. Menurut para ahli, megalodon menyerang mangsanya dengan gaya yang lebih dahsyat disbanding ikan hiu sekarang. Dengan kekuatan gigi dan rahangnya, megalodon langsung menyerang dengan kekuatan penuh di bagian tulang rusuk, yang membuat mangsanya mati. Sebuah tim ahli yang dipimpin S. Wroe melakukan penelitian pada 2008 untuk mengukur kekuatan gigitan dari megalodon. Mereka mendapatkan angka 20.000 kilogram persegi. Dengan begitu, gigitan ini lima kali lebih kuat dari gigitan T-Rex.
Ternyata, kekuatan dan nafsu makan yang besar, merugikan megalodon juga. Pada Zaman Es, sebagian besar mangsa mereka punah atau berpindah ke perairan yang lebih dingin. Megalodon yang sulit berkembang biak di tempat dingin, akhirnya gagal mendapat mangsa. Mereka lalu lambat laun punah akibat kelaparan.
Namun, banyak para ahli Cryptozoology percaya, jika Megalodon masih ada di dunia ini.Karena jumlahnya sangat-sangat sedikit dan hidup di perairan dalam yang jarang tersentuh manusia, membuat hiu purba ini sulit ditemui.Besar kemungkinan, megalodon bersembunyi di berbagai dasar lautan terdalam, seperti di Palung Laut Mariana di Pasifik.Ayo, ada yang berani mencarinya?
Sumber : Majalah Bobo Edisi 480 Tahun XXVII

Antony Van Leeuwenhoek, Pencipta Mikroskop
Sebagai pencipta mikroskop, ia merupakan orang pertama yang melakukan pengamatan terhadap organism sel tunggal, yang juga dikenal sebagai mikroorganisme. Awal ketertarikannya terhadap mikroskop, bermula saat melihat kaca pembesar pada 1648.Alat yang memiliki perbesaran tiga kali tersebut, berguna untuk melihat serat kain. Seiring berjalannya waktu, ia semakin tertarik untuk mengembangkan alat tersebut. Ia mulai membuat berbagai jenis kaca pembesar. Tujuannya adalah mencari bahan alam terbaik, untuk meningkatkan mutu tekstilnya.
Antony Van Leeuwenhoek, Pencipta Mikroskop
Setelah mencoba berbagai cara pengembangan mikroskop, pada 1673 Van Leeuwenhoek mengirimkan hasil pengamatannya terhadap jumlah bagian mulut dan sengat lebah, kepada English Royal Society. Lembaga itu merupakan perkumpulan para ilmuwan terkemuka.Sejak saat itu, Leeuwenhoek mulai dikenal pula sebagai salah satu ilmuwan ternama.
Semakin hari, mikroskop ciptaan Leeuwenhoek semakin sempurna.Sayangnya pada 1676, keabsahannya sebagai ilmuwan mulai diragukan oleh English Royal Society. Saat itu, ia menunjukkan pengamatannya tentang organisme sel tunggal. Waktu itu, organisme sel tunggal belum dikenal seperti sekarang.
English Royal Society harus mengirimkan satu tim ilmuwan untuk menguji kebenaran pengamatan Leeuwenhoek. Pada 1680, hasil pengamatannya diakui kebenarannya oleh English Royal Society.
Van Leeuwenhoek meninggal dunia pada 30 Agustus 1723, dalam usia 90 tahun. Sepnjang hidupnya, ia membuat sekitar 500 lensa optic. Selin itu, ia juga menciptakan 400 jenis mikroskop yang berbeda-beda, Sembilan diantaranya masih ada hingga kini.
          Sumber        : Majalah Bobo


Wajah Buruk Kelelawar Fokuskan Gelombang
Keriput dan kerutan di dekat hidung yang membuat wajah beberapa jenis kelelawar sangat buruk ternyata membawa berkah.Sebab, dengan karakteristik wajah seperti itulah, kelelawar bisa memusatkan sinyal ultrasonic yang digunakannya untuk menentukan posisi benda-benda di sekitarnya.
Kelelawar dikenal karena memiliki kemampuan echolocation dengan mengeluarkan gelombang ultrasonic dan mendeteksi pantulannya kembali untuk menentukan posisi mangsa atau menghindari rintangan di sekitarnya.kebanyakan kelelawar mengeluarkan suara ultrasonic dari mulutnya, namun sekitar 300 spesies mengeluarkannya dari hidungnya.
Pada kelelawar yang mengeluarkan gelombang ultrasonic dari hidungnya, terdapat cuping hidung dan gelambir serta lekukan tak beraturan di sekitar lubang hidung.Para ilmuwan sejak lama menduga struktur ini membantu kelelawar untuk memusatkan pantulan gelombang, namun selama sekitar 100 tahun tidak ada bukti ilmiah.

Pemodelan komputer
Fungsi struktur tersebut baru terkuak setelah Rolf Muller dari Universitas Shandong Jinan, China dan mahasiswa program doctor (S3) bimbingannya Qiao Zhuang melakukan pemodelan komputer. Mereka menggunakan pemindai sinar-X untuk menghasilkan model komputer tiga dimensi bagian wajah kelelawar jenis Centurio senex yang hidup di Amerika Selatan.
Mereka mempelajari bagaimana pengaruh struktur tak beraturan terhadap gelombang ultrasonic yang dikeluarkannya. Gelombang yang dipancarkan kelelawar rata-rata mulai dari frekuensi 60 kilohertz dan meningkat tajam dan konstan pada frekuensi 80 kilohertz sebelum diturunkan kembali pada 60 kilohertz di akhir pemancaran.
Simulasi komputer menunjukkan kerutan horizontal yang memanjang di atas hidung berfungsi sebagai rongga yang beresonansi pada frekuensi tertentu.Bagian tersebut seolah seperti deretan clarinet yang menghasilkan gema yang kuat.
Kerutan-kerutan tersebut menyebabkan gelombang suara dipancarkan pada frekuensi yang berbeda-beda dengan arah rambat yang berbeda pula. Gelombang frekuensi 60 kilohertz memancar vertical sedangkan yang 80 kilohertz tetap dipancarkan lurus ke depan. Dengan demikian, kelelawar dapat ‘melihat’ sekitarnya sekaligus menukik ke arah mangsa atau titik yang ditujunya.
“Bagi kelelawar, kekuatan suara seperti uang bagi manusia.Kita biasanya hanya memiliki uang terbatas dan harus memilih untuk mendistribusikannya untuk keperluan tertentu”, ujar Muller yang melaporkan hasil penelitiannya dalam jurnal Physical Review Letters edisi 24 November.
 Meski demikian, kerutan-kerutan tersebut kadang juga ditemukan pada jenis kelelawar yang tidak memiliki cuping hidung.Hal ini menunjukkan struktur muka mungkin memang berguna sebagai system akustik yang mengatur pancaran gelombang ultrasonic.
 Selain itu, bagian luar telinga kebanyakan kelelawar juga memiliki fitur yang serupa.Muller menduga, lekukan dan struktur tak beraturan ini memiliki fungsi serupa.
 Para peneliti tidak hanya mencoba memahami cara kerja echolocation , prinsip-prinsip yang dimiliki kelelawar mungkin dapat ditiru untuk memperbaiki kemampuan teknologi antenna yang digunakan dalam system sonar (sound detecting and ranging) dan komunikasi nir kabel.

          Sumber        : LiveScience.com


Teknologi Layar Terinspirasi Sayap Kupu-kupu
Sayap kupu-kupu yang menghasilkan warna-warna metalik menginspirasi para peneliti untuk mengembangkan material eksotik baru untuk semir rambut, kosmetik, bahkan layar datar. Selain itu, material yang dipakai mungkin lebih murah daripada bahan baku yang dipakai untuk membuat barang-barang tersebut selama ini.
Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa pewarnaan sayap kupu-kupu dihasilkan dari sisik Kristal-kristal fotonik yang terbuat dari kitin, bahan polisakarisa yang juga ditemukan pada tubuh serangga dan hewan lainnya.
Sisik-sisiknya hanya berukuran beberapa micrometer dan tersusun dipermukaan sayap layaknya susunan genteng di atas rumah.
sayap kupu-kupu berwarna metalik

Untuk pertama kalinya, tim peneliti gabungan dari AS dan Eropa berhasil mengukur struktur dan karakteristik optic Kristal fotonik yang terbentuk pada sayap kupu-kupu jenis Cyanophrys remus. Kristal fotonik dapat mengatur frekuensinya sehingga menghasilkan warna-warna berbeda.
“Sayapnya menghasilkan warna yang sangat kaya”, kata Lazlo Biro ilmuwan material di Research Institute for Technical Physics dan material Science di Budapest, Hungaria.Sayap kupu-kupu jantan berwarna biru gelap metalik sangat menarik untuk menarik perhatian pasangannya dan berwarna hijau saat menyamar dari ancaman musuh.
Struktur Kristal dapat diketahui dengan mengkombinasikan bentuk sisik-sisiknya dari mikroskop electron dan meneliti bagaimana sisik-sisiknya memantulkan cahanya.
Warna biru gelap metalik dihasikan sisik-sisik yang memiliki Kristal tunggal, sedangkan warna hijau dihasilkan Kristal fotonik yang tersusun secara acak.
Struktur Kristal yang tersusun acak ini mungkin sangat baik untuk ditiru karena dapat menghasilkan warna-warna berbeda kombinasi hijau, kuning, dan biru, tergantung orientasinya. Meskipun efek yang dihasilkan kupu-kupu C. remus di alam umumnya hanya hijau, tim peneliti telah menemukan bagaimana caranya menghasilkan warna merah.

           Sumber        : www.kompas.com



Dino Paling Beken TYRANNOSAURUS

Nama Lengkap       : Tyrannosaurus
Nama Panggilan      : Tyrex
Jenis Dinosaurus   : Dinosaurus pemakan daging (Theropoda)
                                                  (65 juta tahun yang lalu)
Penemu                 : Henry F. Osborn pada tahun 1905 di Montana, Amerika Serikat.
Panjang Badan dan Berat Badan : Panjang badan 14 meter. Berat badan   7  ton.
Tyrex mempunyai kepala sangat besar.Selama ini, Tyrex dianggap dino paling cerdas. Sebenarnya, ada dino lain yang lebih cerdas dari Tyrex, yaitu Velociraptor. Leher Tyrex sangat pendek dan sangat kuat.Otot leher itu terpasang pada tulang rusuk Tyrex yang besar dan panjang.Tyrex menghentakkan rahangnya ke kanan dan ke kiri saat membunuh mangsa.Rahang itu dilengkapi gigi tajam dan mematikan.
Kaki belakang Tyrex sangat besar dan kuat.Kecepatan lari Tyrex 32 kilometer per jam.Jika Tyrex lari lebih cepat, dia terjungkal gara-gara berat badannya.Tangan Tyrex sangat kecil dan aneh. Panjang tangan depan 1 meter dan terdiri dari dua jari. Tangan ini berguna untuk mengangkat badan Tyrex dari posisi tidur.Karena, ekor Tyrex sangat panjang dan berat.Tanpa tangan kecil itu, Tyrex tidak bisa menegakkan punggung.
Mangsa Tyrex adalah Dinosaurus Triceratops.Ahli dinosaurus menemukan tulang Triceratops di fosil kotoran Tyrex.Tyrex meninggalkan Triceratops yang sekarat.Saat Triceratops sudah mati, Tyrex kembali dan memakannya.

TYRANNOSAURUS

Tyrex berburu sendirian.Tyrex juga suka makan bangkai binatang, indra penciuman Tyrex sangat tajam. Tyrex dapat mencium bangkai daging dari jarak jauh.Selama ini, Tyrex dianggap dino paling kejam dan besar.Padahal, ada dino yang lebih besar daripada Tyrex, yaitu Giganotosaurus dan Carcharodontosaurus.Ini Karena Tyrex ditemukan lebih dulu. Jadi, Tyrex terlanjur diberi nama Tyrannosaurus Rex yang artinya Raja kejam (Tyrant artinya kejam, Rex artinya raja). Karena nama itu, Tyrex menjadi dino paling beken.
Sumber : Majalah Bobo




0 komentar: